Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Penyakit Kista Bartholin - Penyebab , Ciri , dan Mengatasinya

Cara Mengatasi Penyakit Kista Bartholin - Penyebab , Ciri , dan Mengatasinya

Haii Girls Selamat datang kembali di website Gaya Hidup Sehat tema artikel kali ini yaitu mengenal lebih dekat tentang penyakit yang dialami kaum hawa ya girls , penyakit ini berada di bibir vagina berbentuk benjolan girls nama penyakit nya tersebut Kista Bartholin.

Cara Mengatasi Penyakit Kista Bartholin - Penyebab , Ciri , dan Mengatasinya
Kista Bartholin

Hai Girls nah sekarang kenalan yuk dengan penyakit satu ini , kita sebagai kaum hawa haru tau loh girls tentang penyakit yang kerap menyerang oragam intin kewanitaan kita ini , sebagai kaum hawa yang memiliki organ intim sangat sensitif harus rajin menjaga kesehatan kewanitaan, sehinggan bisa menghindari penyakit yang namanya Kista Bartholin .

Kista Bartholin adalah Kelenjar yang terletak pada kedua sisi bibir Vagina pada alat kelamin perempuan , Kelenjar Bartholin mengeluarkan cairan yang berperan sebagai pelumas saat berhubungan seksual ( intim ) . sehingga jika terkena penyakit kisa bartholin saat berhubungan seksual akan mengakibatkan rasa sakit saat terjadinya masuknya Mr.P kedalam vagina . jika sudah terkena penyakit ini bukan hanya berhubungan seksual akan terasa sakit , tetapi untuk jalan biasa saja akan menggangu aktifitas kita sehari - hari .

Girls penyakit kista bartholin ini terjadi dikarenakan adanya cairan yang di keluarkan oleh kelenjar Bartholin yang mengalir melewati saluran menuju vagina, saluran yang tersumbat akan menampung kelebihan cairan kemudian berkembang menjadi kista. Kista Bartholin dapat makin membesar setelah berhubungan seksual dikarenakan penambahan cairan yang diproduksi kelenjar Bartholin saat terjadi hubungan seksual . adapun beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kista bartholin hingga bisa menyebabkan infeksi bahkan rasa nyeri yang hebat , berikut faktor yang bisa menimbulkan terjadinya Kista Bartholin
  • Infeksi Menular Seksual ( IMS ) , yaitu : Bakteri Gonococcus yang menyebabkan penyakit gonore atau kencing nanah dan Chlamydia trachomatis ( penyakit chlamydia/klamidia)
  • Gesekan  : Gesekan terlalu kuat saat berhubungan badan ( intim ).
  • Kurang Kebersihan : Tidak pernah menjaga kebersihan miss V dengan benar.
  • Keputihan : Keputihan Berkepanjangan yang tidak ditangani secara cepat.

Girls diatas merupakan beberapa faktor yang dapat menimbulkan terjadinya kista bartholin , girls juga harus mengetahui Gejala - Gejala terjadinya Kista Bartholin sehingga dapat dicegah sebelum penyakit tersebut menjadi sangat ganas . berikut gejala terjadinya Kista Bartholin :

  1. Pembengkakan di area sekitar vagina serta dapat menimbulkan rasa sakit apabila kista terinfeksi yang membuat penderita sulit berjalan dan melakukan hubungan seksual.
  2. Sakit yang makin terasa seiring menjalani aktivitas rutin.
  3. Keluarnya cairan dari benjolan.
  4. Tubuh demam atau menggigil.
  5. Pembengkakan pada area vulva.

Cara mengatasi kista bartholin 

Girls setelah mengetahui definisi penyakit kista bartholin faktor penyebab timbulkan kista bartholin serta gejala apa saja terhadap kista bartholin , sebagai kaum hawa ya girls harus rajin-rajin menjaga kebersihan Miss V kita agar terhindar dari penyakit tersebut , nah jika sudah terlanjur timbul gejala Kista Bartholin sebaiknya girls mencegah ya sebelum terlanjur menjadi kista yang lebih ganas .
Penanganan kista Bartholin meliputi obat-obatan, pengeluaran abses, dan pengangkatan kista.
  • Duduk berendam di air hangat. Duduk berendam di dalam air hangat setinggi panggul dapat menjadi pilihan pada kasus kista terinfeksi yang berukuran kecil. Lakukan beberapa kali sehari selama empat hari hingga kista pecah dan cairan keluar. Handuk hangat juga bisa digunakan untuk mengompres area di mana kista terletak.
  • Obat pereda nyeri. Paracetamol dan ibuprofen dapat dikonsumsi sebagai pereda rasa sakit. Selalu perhatikan keterangan serta dosis penggunaan saat mengonsumsi obat-obatan bebas. Hubungi dokter atau kunjungi fasilitas kesehatan terdekat jika benjolan bertambah besar dan sakit.
  • Obat antibiotik. Penggunaan antibiotik berfungsi menghilangkan infeksi penyebab timbulnya abses pada kista yang terinfeksi, juga pada kasus di mana penderita mengalami infeksi menular seksual.
  • Prosedur pemasangan kateter. Dokter dapat memasang kateter untuk mengeluarkan abses. Pada prosedur ini, sayatan kecil dibuat untuk memasukkan kateter (selang) dengan ujungnya terdapat balon yang dapat mengembang. Balon ini berfungsi untuk menjaga agar kateter tidak lepas dan dapat bertahan selama 2-6 minggu.
  • Marsupialisasi kista. Suatu prosedur yang mana cairan dikeluarkan dengan cara mengiris kista, lalu menjahit ujung pada kulit sekitarnya agar kista tetap terbuka untuk mencegah terbentuknya kista baru. Prosedur ini dapat dikombinasikan dengan pemasangan kateter
  • Prosedur pengangkatan kelenjar Bartholin. Prosedur ini dilakukan saat prosedur lain tidak berhasil. Operasi pengangkatan ini membutuhkan bius umum sebelum dilakukan pengangkatan kelenjar Bartholin..
  • Operasi untuk mengeringkan cairan pada kista yang sangat besar atau yang terinfeksi.
Girls tips ya buat memperlancar proses penyembuhan kista bartholin jika sudah terjadi , sebaiknya hindari aktivitas seksual selama proses penyembuhan sesuai anjura dokter ya. bisa gunakan pebalut selama kateter masih terpasang, karena nanah akan terus mengalir seiring hilangnya infeksi.

Pencegahan Kista Bartholin 

Sebelum terkena kista bartholin girls juga bisa melakukan pencegahan dengan menjaga kbersihan area sekitar alat kelamin dengan baik , sebaiknya penggunaan kondom saat berhubungan seksual untuk mengeindari infeksi menular seksual dan kista bartholin .serta melakukan hubungan seksual yang aman. Selain itu, upayakan untuk mengonsumsi cukup cairan serta hindari menahan kencing dalam waktu terlalu lama.

= Tips ya Girls =
- Jagalah Kebersihan Area MissV -

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Penyakit Kista Bartholin - Penyebab , Ciri , dan Mengatasinya"